Senin, 11 April 2016

Tutorial PhotoShop : Cara Membuat Efek Pelangi Menggunakan PhotoShop

Assalamu'alaikum wr.wb


Alhamdulillah, apa kabar saudaraku semua?, selamat datang di blog Saya dan semoga apa yang anda inginkan terpenuhi setelah berkunjung di blog ini. Pada kali ini saya ingin berbagi tutorial Photoshop mengenai cara membuat pelangi yang terlihat nyata dengan Photoshop. Siapa yang tidak suka melihat pelangi, mungkin semua orang suka dengan warna-warni pelangi yang menghiasi langit yang biasanya muncul ketika setelah hujan. Pelangi ini terjadi akibat proses fisika yaitu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Peristiwa pembiasan cahaya ini mengakibatkan terurainya satu warna tertentu menjadi beberapa warna lainnya atau dalam fisika disebut spektrum warna. Untuk lebih jelasnya mengenai proses terjadinya pelangi anda dapat mencarinya di internet, disini saya hanya akan share tutorial membuat pelangi dengan Photoshop saja :D


Untuk membuat pelangi dengan photoshop ini sangat mudah, dan bahkan dengan Photoshop kita juga dapat membuat pelanginya persis dengan pelangi yang nyata, super sekali. Baiklah untuk mempersingkat tulisan langsung saja kita mulai tutorialnya dan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan buka Photoshop anda, pada tutorial ini terserah mau photoshop yang mana dan yang terpenting harus Photoshop, bukan software yang lain :D. Disini saya menggunakan Photoshop CS3.

2. Masukkan foto gambar yang ingin diberi efek pelanginya. Disini saya menggunakan gambar pemandangan mendung agar pelanginya terlihat tambah realitis atau nyata.

3. Sekarang buatlah layer baru dengan menetakan tombol Ctrl + Shift + N atau dengan mengklik ikon creat a new layer kemudian beri nama pelangi pada layer baru tersebut.

4. Sekarang kita buat pelanginya menggunakan gradient tool. Setelah itu pilih gradient special effect. Jika ada keluar kotak dialog pilih saja expend. Lalu pilih russell's rainbow dan atur juga gradientnya menjadi radial gradient.



5. sekarang tarik garis gradientnya seperti gambar dibawah, gunakan tombol shift agar lingkarannya bagus. Sesuaikan ukuran lingkaran pelanginya sesuai dengan gambar anda sehingga terlihat lebih realistis.


6. Agar pelanginya terlihat lebih realistis, rubahlah blend mode layer pelanginya dari normal menjadi screen.

7. Kita masih belum selesai, sekarang berikan efek blur pada pelanginya dengan cara pilih filter - blur - gaussian blur, setelah itu atur radiusnya sesuai kebutuhan.

8. Sekarang hapus bagian pelangi yang tidak sesuai, caranya yaitu dengan menambah layer mask terlebih dahulu, kemudian klik gradient tool. Setelah itu atur kembali gradient toolnya menjadi liniar gradient dan warnanya hitam putih (black,white)


8. Sekarang tarik garis gradientnya seperti gambar dibawah.

Dan jika anda ingin membuat pelanginya terlihat lebih lembut lagi silahkan atur saja opacitynya, dan hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini:

Semoga tutorialnya bermanfaat!. Dan bagi yang mau share postingan ini ke sosial media silahkan :D





Baca juga artikel sebelumnya:
Tutorial Photoshop : Cara Mudah Membuat Efek Cahaya Matahari Dengan PhotoShop
Tutorial PhotoShop : Cara Mengubah Musim dengan Permainan Warna Daun Pada Photoshop
Tutorial Potoshop : Cara Membuat Efek Glowing Edges Dengan Photoshop
Tutorial Potoshop : Cara Menggabungkan Foto Hewan dan Manusia Menggunakan Potoshop
Tutorial Photoshop : Membuat Foto Lebih Artistik Dengan Efek HDR 
Kumpulan Kata-Kata Motivasi Terbaru 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar