Rabu, 11 Mei 2016

Perbedaan dan pengertian GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE

Istilah GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE tak sedikit kita temui saat bakal berhubungan dengan internet. Telah tak asing lagi bagi kita pemakai internet mengetahui kata-kata tersebut alias simbol 2G, E, 3G, H, H+ alias 4G. Sebetulnya apasih perbedaan GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE?

1 CHIP ALL OPERATOR

GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE adalah bandwith koneksi yang digunakn untuk mengakses internet yang dipakai oleh operator telekomunikasi (Wireless). Masing-masin istilah tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya baca perbedaan dari GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE


2G Alias GSM (Global System for Mobile Communications)

GSM mendukung panggilan suara serta SMS dengan kecepatan 9.6kbit /s. Saat ini jaringan GSM telah tersebar di 218 negara di seluruh dunia serta memungkinkan performa roaming internasional.

2.5G alias GPRS(General Packet Radio Service)

GPRS adalah layanan komunikasi nirkabel berbasis paket. Ini adalah teknologi jaringan 2G yang mendukung kecepatan download hingga 114Kbps. Batasan GPRS adalah bahwa data GPRS tak bisa dikirim saat panggilan suara berlangsung.

2.75 G atau EDGE(Enhanced Data GSM Evolution)

GPRS serta EDGE keduanya teknologi 2G EDGE namun dengan cara signifikan lebih cepat dengan kecepatan download hingga 384Kbps. EDGE kadang-kadang disebut jaringan 2.5G sebab juga mempunyai berbagai karakteristik dari jaringan 3G namun tak memenuhi spesifikasi. EDGE adalah berbagai sambungan 2G yang dikombinasikan. Dalam EDGE, Kamu mungkin tak melampaui 384Kbps diharapkan dengan cara konsisten yang tergantung pada pemakai lain. Hal ini ditunjukkan oleh simbol E sebelah bar sinyal.

3G

Jaringan 3G memungkinkan untuk membikin panggilan video serta streaming video, dengan kecepatan download hingga 3.1Mbps. Jaringan 3G tak memakai frekuensi radio yang sama semacam 2G operator seluler maka wajib membangun jaringan yang sama sekali baru serta lisensi frekuensi yang sama sekali baru. Hal ini ditunjukkan oleh simbol 3G di sebelah bar sinyal.

3.5 G alias HSDPA(High-Speed Down-link Packet Access)

Hal ini didasarkan pada jaringan 3G serta perangkat tambahan untuk 3G. Jadi mempunyai kecepatan yang lebih cepat, kecepatan download bisa hingga 14Mbps. Hal ini ditunjukkan dengan simbol H sebelah bar sinyal.

4G alias HSPA + (Evolved High Speed ??Packet Access)

HSPA + adalah evolusi HSPA (HSDPA & HSUPA). Ini adalah teknologi 4G yang memungkinkan men-download dengan kecepatan hingga 168Mbps.

4G LTE(Long Term Evolution)

LTE adalah suatu standar komunikasi 4G yang mendukung HD video streaming, kecepatan download dengan tinggi 299.6Mbps.

Seperti penjelasan diatas itulah perbedaan antara GSM, GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, HSPA+ serta 4G LTE.

Semoga info tersebut bisa menambah wawasan sobat. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar